Datangnya Penyakit Berasal Dari Diri Sendiri

Kesehatan itu mahal harganya. Apabila tubuh kita ini sehat maka kehidupan kita disadari atau tidak insyaallah senantiasa merasa tenang, senang, lapang dan beraktifitas dengan maksimal. Akan tetapi sebaliknya bila tubuh kita tidak sehat dapat dipastikan kegiatan akan terhambat, tidak bersemangat, mudah sekali emosi atau tersinggung sehingga hari-hari akan kita lalui dengan suram.
Seperti yang kita ketahui, khususnya bagi orang yang beragama muslim sering mendengar bahwa Al-Quran adalah penyembuh segala penyakit dan Allah Tidak akan merubah nasib suatu kaum apabila kaum itu tidak mau merubahnya.
Berbagai cara digali, dikelola dan diklaim berasal dari Al-Quran untuk mengupayakan kesembuhan penyakit. Mulai dari membaca satu atau beberapa ayat hingga sekian puluh, ratus bahkan ribuan kali; menuliskan ayat diatas selembar kertas lalu dibakar, abunya dimasukkan kedalam air dan diminum; hingga doa-doa khusus yang dibaca agar penyakit bisa berpindah ketubuh hewan.
Belum lagi yang berikhtiar harus ke -maaf- dukun, melakukan ritual-ritual khusus mohon kesembuhan, pergi kedokter mulai dari dokter umum hingga yang sudah bergelar professor, meminum obat2an hingga operasi sampai keluar negeri dengan biaya yang selangit. Pertanyaannya adalah apakah semua itu benar? Apakah semua itu pasti berhasil?
Wallahualam pada kenyataannya banyak yang berakhir di ritual-ritual sesat atau berakhir di meja operasi, naudzubillahimindzalik
Semua adalah ikhtiar, semua adalah usaha agar kita menjadi sembuh dan sehat asal tidak bertentangan dengan ajaran agama insyaallah hal itu sah-sah saja. Tapi sebenarnya tahukah kita bahwa segala penyakit itu datangnya dari diri kita? Bukan berasal virus, kuman bakteri, nyamuk, mutasi sel dan sebagainya. Memang ketika kita sakit dan diteliti ada yang namanya virus, kuman, bakteri yang merajalela didalam tubuh kita tapi itu bukanlah sebab itu hanya akibat !!
Ya. semua yang diklaim sebagai sebab sakit sebetulnya adalah akibat dari perbuatan kita sendiri, tingkahlaku kita sehari-hari yang kurang terpuji dihadapan Allah SWT. Dimana perilaku yang kurang terpuji tersebut (baca: akhlak yang kurang baik) menjadikan malaikat Atid terus mencatat dan mencatat serta melaporkannya di hadapan Allah SWT, dimana sudah berjalan bertahun-tahun bahkan mungkin juga sudah berbelas bahkan berpuluh tahun sehingga akhirnya Allah menurunkan suatu musibah berupa penyakit sebagai pengingat kita umatNya agar segera kembali kejalanNya.Hal ini mungkin luput dari perhatian kita semua tapi hal itu sudah terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran yang sudah berabad-abad lalu tercipta dan sudah dijamin keabsahannya dan kebenarannya serta tak terbantahkan hingga akhir jaman bahkan Allah SWT sendiri yang menjamin.
Coba kita renungkan ayat-ayat berikut, mari kita baca satu-persatu dengan pelan, teliti dan arif.
Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah. QS: As-Syuura 42 :30-31
Nah.sudah jelas disini bahwa apapun musibah itu yang menimpa kita adalah awalnya karena perbuatan kita sendiri, karena kesalahan-kesalahan kita sendiri, karena dosa-dosa kita sendiri, astaghfirullah.
Apakah memang benar seperti itu hanya karena dosa dan kesalahan kita saja dan bukan seperti apa yang sudah kita yakini selama ini bahwa penyakit datangnya dari virus, kuman bakteri, pemanasan global, lapizan ozon dan sederet alasan ilmiah lain????Jawabannya adalah benar!!!
Mengapa terlihat sederhana sekali?? Mengapa hanya karena dosa dan kesalahan kita lalu tiba-tiba kita bisa menderita suatu penyakit bahkan hingga yang parah sekalipun??
Sebenarnya tidak sesederhana itu, pada ayat diatas Allah sudah menerangkan bahwa dosa dan kesalahan kita banyak sekali diampuni olehNya, karena kita sendiripun tidak akan sadar bahkan mungkin tidak bisa menghitung dosa kita setiap harinya. Dosa dan kesalahan itu kita kerjakan terus menerus dari hari kehari, bulan ke bulan bahkan hingga berpuluh tahun barulah Allah akan menurunkan suatu musibah dalam hal ini penyakit semata-mata hanya sebagai hukuman, sebagai peringatan, sebagai sentilan, sebagai jeweran bagi kita agar segera sadar bahwa kita memang banyak salah dan dosa agar kita segera mau kembali ke jalan Allah (..dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah).
Sudah jelas disini disebutkan kata-kata pelindung dan penolong berarti kalau kita mau selamat dari musibah, kalau kita mau sembuh dari penyakit maka kita harus kembali kepada pelindung dan penolong kita yaitu Allah SWT.
Hal ini juga akan diperjelas lagi oleh Allah SWT melalui firmanNya yang lain yang berbunyi:
Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS: An-Nissa 4 :111
Semoga ini bisa menjadi bahan renungan buat kita semua dan kami khususnya dan bisa bermanfaat bagi diri kita pribadi dan orang lain (bila kita mau menyampaikannya), juga bagi keluarga kita. Semoga dengan sekelumit bahasan ini bisa membantu kita semua agar bersegera kembali, bersegera meminta ampunan dan perlindungan Allah SWT.
Dirangkum dari :
Pengajian Bengkel Hati bersama Ustadz Danu

Berikut beberapa penyakit akibat dari perilaku dan tingkah laku yang tidak terpuji,
jika penyakit terjadi pada anak yang belum baligh maka penyakit ini di sebabkan oleh kesalahan orang tuanya;
• Asma : Penyakit asma biasanya disebabkan amarah yang dipendam. Yang harus dilakukan adalah tidak memendamnya, tetapi juga tidak mengumbar amarah. Yang harus dilakukan adalah menyelesaikannya.
• Batuk berdahak, tidak sering tapi klo pas batuk terasa sakit di kepala: penyebabnya bisa karena jengkel ke anak atau suami, selalu menasehati tapi dipikirin terus sehingga jadi beban pikiran dan jadi jengkel
• Darah rendah : karena kekhawatiran seseorang yang terlalu tinggi atau juga karena Banyak Pertimbangan, Ragu-Ragu
• Darah tinggi : Emosi tinggi, tak mau kalah.
• Diabetes dan mata glukoma : merasa paling benar, suka ngatur, suka menolak nasehat istri atau anak. Solusinya: Belajar menerima masukan atau nasehat, minta maaf ke istri
• Epilepsi : karena menyimpan emosi di dalam otak [dipikir terus], bahkan jika berlangsung lama bisa menjadi tumor/kanker otak).
• Gondok.: Biasanya ini keinginan bicara yg “ingin menang sendiri”, tapi karena takut bicara, maka kelenjar thyroid membengkak. Solusinya: banyak2 mohon ampun/istigfar pada Allah, sholat wajib tdk boleh ditinggalkan, ditambah sholat tahajud, mohon kesembuhan dari Allah
• Kanker darah : disebabkan oleh rasa jengkel yang dipendam yang sangat lama terutama pada orangtua. Rasa jengkel yang disimpan akan menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang. Akibatnya ada kelainan darah putih.
• Mata minus : Hal ini disebabkan karena meremehkan orang lain sehingga Allah mengaburkan pandangannya atau Memandang sesuatu selalu serius.
• Mata kiri kabur/burem : dulu klo anaknya berbuat salah suka jengkel dan marah tapi diam/disimpan di dalam hati.
solusinya harus lebih sabar, jangan cepat marah, sholat tahajud dan mohon ampun kepada Allah.
• Anak sakit katarak : karena salah satu kedua orang tuanya sering merendahkan, baik suami ke istri atau istri ke suami atau ke orang lain, suami atau istri klo diberi nasihat biasanya menolak, baik menolak dengan kata-kata atau dalam hati. solusinya = mohon ampun kepada Allah dan harus menerima klo dinasehati
• Pendengaran kurang : Tidak mendengarkan nasehat orang terutama orang yang terdekat.atau mungkin anda kurang senyum
• Gangguan menstruasi: Solusinya meminta maaf dengan orang tua
• Haid suka sakit, diperiksa dokter, Kista : Dulu suka jengkel ke suami, agak sulit dinasehati. Solusi: Harus nurut kalau dinasehati yang baik tanpa jengkel, sholat 5 waktu, tahajud, minta maaf ke suami.
• Struk ringan, udah sembuh tapi kepala masih suka pusing, kaki kiri sakit ada penebalan: penyebabnya dulu waktu struk suka ke orang ‘pintar’ dan masih suka jengkel pada suami
• Jantung bocor Sesak nafas: Sering Jengkel pada suami/isteri, kalau di nasehati selalu ditolak.
• Bengkak jantung: Orangnya merasa lebih pandai.
• Kolesterol : Punya pendapat tak mau disanggah
• Sakit Maag : kalau di nasehati selalu tidak mau, sering emosional, sering ngomel dalam keluarga.
• Asam urat : Tidak luwes dalam keluarga.penyebab lainnya yaitu Prinsipnya tidak bisa diarahkan.
• Bisul di Pantat : Ambisi tinggi tetapi tidak dikerjakan
• Pilek Sering Ingusan : Sedikit-sedikit difikir serius.
• sering lupa, gemetar, suara ‘pelo’, mulut ngeces, mata inginnya tidur saja= sudah mulai menderita stroke : Disebabkan karena sering jengkel kepada ibunya dan kurang Percaya diri dalam melaksanakan sesuatu.
• Nyeri lengan atas kanan: Memberikan nasehat yang baik kepada seseorang kemudian jengkel karena orang tersebut tidak mampu melaksanakannya.
• Stroke dan hipertensi, Hidrosepalus : Suka marah-marah tapi marahnya di dalam hati atau marahnya tidak keluar.
• Stroke : Merasa mampu berdiri sendiri, pendiam,egois, emosi terlalu tinggi. Jengkel yang dipendam kepada keluarga; suami/istri/anak
• Rahim bermasalah : Hal ini dikarenakan bermasalah dengan Ibu sang pasien. Entah dulu sering membangkang atau membentak-bentak. Untuk mengobatinya, harus meminta maaf kepada Ibu dan bertobat kepada Allah.kebanyakan yang berhubungan ama janin,rahim dll .tu disebabkan karena berdosa kepada orang tua
• Gagal ginjal Sehingga cuci darah setiap beberapa hari sekali:
jika ia belum punya suami atau isteri penyakit ini karena memendam jengkel /marah/dendam pada orang tua. Jika sudah punya isteri atau suami ya karena juga memendam rasa jengkel pada suami atau isterinya. karena saking terlalu jengkel , kalau melihat saja atau teringat, rasa jengkelnya sangat kuat.dan penyebab lainnya adalah tidak dapat membedakan mana yang baik mana yang buruk, dan mana yang benar mana yang salah.
• Keluar darah dari hidung : Baik ini dikarenakan oleh polip maupun tumor. Biasanya ini berhubungan dengan “emosi” yg berkenaan dengan lingkungan (penciuman), misalnya krn tdk menyukai sesuatu, maka emosi.
• Penebalan Kulit : Ada amalan-amalan yang selalu di baca ketika ngelamun atau lagi beraktifitas.
• Nyeri perut : Punya amalan-amalan atau selalu mempunyai ke inginan yang kuat dan kalau tidak terpenuhi akan jengkel.
• Perut Kembung : Karena sulit menerima nasehat. Sebenarnya mau di nasehati tapi dia menundanya dulu hingga beberapa lama.
• Tumor payudara kanan: karena kita sering meminta pada suami untuk melakukan kebaikan, tetapi suami malas melakukan, sehingga kita jengkel.
• Tumor di leher dan pundak: penyebabnya suka jengkel ke istri yang tidak diungkapkan/disimpan kuat dalam hati jadinya marah, solusinya: mohon ampun kepada Allah, minta maaf ke istri
• Anak 5 tahun belum lancar bicara, klo ditanya suka tidak nyambung dan Bapaknya ada gangguan di kantung kemih : penyebabnya klo ada masalah salah satu (ibu/bapak) tertekan sehingga malas untuk bicara. solusinya harus dikomunikasikan, harus di perbaiki,klo ktmu sama orang harus senyum :)
• Anak plasentanya kecil, paru-paru & jantung membesar,
penyebabnya: ortunya (antara istri atau suami) gampang tersinggung, suka jengkel
• Kaki kesemutan : Dulu pernah baca-baca mantra atau sesuatu untuk hal duniawi yang tidak ada tuntunannya, bukan karena Allah. Solusi: Baca qur’an itu harus Lillahita’ala
• Kaki/ tangan kiri kesemutan : karena kalau melakukan pekerjaan baik dirumah atau di kantor sering kali ngomel.
• Telapak kaki klo bangun tidur sakit : orangnya sering mohon ampun kepada Allah, tapi di keluarga agak keras. solusi: harus lembut di keluarga, kalau ada saran dari keluarga diterima
• Kaki / tangan berair : kata dokter lemah jantung, biasanya ada sifat yang kuat, ragu yang kuat. Solusinya harus pede (percaya diri)
• Sendi jempol kaki sakit : suka geregetan sama anak, ada jengkel klo menyuruh sesuatu
• Bronchitis : orangnya diam mudah tersinggung
• sering Pusing – pusing {myumetss}: sering berpikir yang terlalu berat, sering curiga, apa yang diucapkan merasa benar, kalau menyuruh dengah marah.
• Beser : takut akan sesuatu, khawatiran, tidak Percaya Diri.
• Cacar : keinginan yang kuat dengan nafsu tetapi ditahan.
• Kaki sakit (pengapuran) lutut kanan : punya keinginan walau keinginannya baik seperti menyuruh anak sholat tapi dengan marah/kesal.
• Pembekuan Darah : keinginan yang terlalu kuat.
• Tengkuk pegel menjalar ke tulang belakang : sering emosi disimpan dalam hati, orangnya kaku.
• Nyeri perut kanan-kiri : karena sering marah pada istri atau suami dan anaknya.
• Kaki Kapalen(eksim kering) : karena kalau melihat keadaan rumah, kalau ingin melakukan pekerjaan tapi tidak dikerjakan.
• Keropos tulang pinggul (oestoporosis) : Karena sering marah-marah di rumah.
• Kanker Payudara. : Hal ini disebabkan oleh Wanita tersebut memiliki masalah terhadap sang suami atau terhadap anaknya. Misal, tidak mengurus suami dengan baik. Untuk mengobatinya, meminta maaf kepada sang suami atau anak dan bertobat kepada Allah.atau mungkin penyebab lainya yaitu memiliki keinginan yang meledak2
• Kanker pada kaum pria: Hal ini dikarenakan Pria tersebut sering memarah-marahi sang Istri. Yang harus dilakukan agar sembuh adalah meminta maaf kepada sang istri dan bertobat kepada Allah.
• Empedu : Penyakit ini dikarenakan seringnya membicarakan orang lain, menggosipkan atau membuat fitnah. Pasien-pasien yang menderita penyakit ini mengakui bahwa dia sering melakukan hal-hal tersebut. Untuk mengobatinya, meminta maaf kepada orang yang digosipkan atau difitnah dan bertobat kepada Allah.
• Alergi : keinginan yang kuat di barengi dengan kejengkelan/mungkin Ambisi tinggi, ambisi untuk disegani atau mungkin ada amalan jawa untuk keselamatan
• Batu ginjal : Ketika istri melakukan kesalahan dan suami ngerti bahwa itu salah kemudian diam dan jengkel.kejengkelan yang di pendam
• Dismenor : Sama suami/anak/orang lain kalau ada masalah sering uring-uringan.
• Anak nakal : Orang tuanya juga sering marah-marah/uring-uringan/emosi
• Tumor ovarium : punya rasa jengkel banget sama orang tua atau suami.
• Nyeri lutut : mempunyai keinginan yang kuat dan kalau tidak terlaksana akan jengkel atau marah.
• Tumor tulang : mempunyai keinginan yang kuat tapi diam dan jengkel.
• Tumor : orangnya ketika ada masalah kemudian diam tapi dalam hatinya emosi.
• Diabetes melitus : Suka memerintah terutama sama orang yang dekat dan kalau tidak di laksanakan akan marah2, solusi: klo denger sesuatu yang tidak cocok jangan marah/emosi
• Ketuban pecah dini : Istri mempunyai rasa jenkel banget sama orang tuanya terutama ibunya dan suaminya ada rasa marah sama bapaknya.sama seperti diatas.karena berdosa pada orang tua
• Susah punya anak : Kurang cekatan/agresif dalam beribadah dan kurang mesra terhadap pasangan atau sudah dingin atau durhaka pada orang tua
• Sinusitis : Menahan beban pikiran
• Penyakit Kulit : Penyakit nostalgia dengan angan-angan, maunya diperhatikan.
• Sakit Gigi : Hobinya marah, geram
• Batuk : cerewet, apa-apa dikomentari
• Penyempitan jantung : suka ngatur, kurang suka menerima.
• Kanker Usus : Negeyel, semaunya sendiri, ngambek.
• Paru-Paru : merasa paling mampu, rasa bangga yang kuat,
• Vertigo : tidak mau mendengar nasehat.
• Keringat Dingin : Terlalu Santai
• Sakit Kejang : jiwa dan Pikiran kurang baik.
• Serak : Punya sifat kurang terpuji, merasa mampu
• Sakit Kepala (depan) : Berfikir yang bukan2
• Sakit Kepala (tengah) : berfikir berhari-hari
• Sakit Kepala (belakang): cepat emosi
• Sakit Kepala (samping): tidak mau mendengar
• Sakit kepala bagian kanan: sifatnya pendiam, sering berfikir orang disekeliling kita (teman/orang tua/sodara) itu salah, dan merasa kita itu paling benar. solusinya: harus merubah diri, harus bisa memahami orang lain
• Sakit kepala seperti terbelah-belah : karena sering su’udhon atau buruk sangka
• sakit pinggang: penyebabnya jengkel kepada keluarga/anak
• Sesak nafas di hulu hati: cepat putus asa.
• Sesak nafas di atas : emosi disimpan
• Sesak nafas di dada : emosi tertekan
• Asam Urat Pangkal Ibu Jari: Sangat kukuh, kuat pegang keyakinan
• Hernia : Keinginan tinggi tidak tercapai.
• Hernia pada bayi/anak kecil. Dibawah perut ada lubang kecil, salah satunya ada yg sobek. Ini terjadi biasanya krn ortu (salah satu dr suami/isteri) punya
keinginan yg kuat/keras kepala/kaku. Hernia ini mudah sembuh sebab elastis.
Solusinya: – bayi ditidurkan pd posisi terlentang.
– minta kesembuhan & ampunan pada Allah
– memperbanyak sholat tahajud (dg tdk meninggalkan sholat wajib)
• Sakit Kuning. : Ini empedunya bermasalah. Biasanya karena terlalu banyak ngomong sehingga cenderung menyakiti orang lain.
Solusinya: – banyak2 mohon ampun/istigfar pada Allah
– sholat wajib tdk boleh ditinggalkan, ditambah
sholat tahajud., mohon kesembuhan dari Allah
• Sakit panas udah 1 tahun, badan pegel khususnya kaki, diperiksa dokter, di ronsen normal: penyebabnya dulu suka ke orang ‘pinter’ atau dikasih air yang dibaca-baca
• Sakit lever: Biasanya punya dendam yg masih tersimpan.
Solusinya: hilangkan dendam terlebih dahulu, memaafkan orang yg dianggap bersalah, banyak2 mohon ampun/istigfar pada Allah, sholat wajib tdk boleh ditinggalkan, ditambah sholat tahajud, mohon kesembuhan dari Allah
• Pengapuran di tulang belakang & kaki kiri bawah lutut &
pinggang sakit.Biasanya sering marah2/jengkel yg disimpan dan sering berobat ke dukun/paranormal.
Solusinya: – harus merubah sikap, kalau marah2 harus segera istigfar, dan sebaliknya
memaafkan orang2 yg menjengkelkan/membuatnya marah, banyak2 mohon ampun/istigfar pada Allah, sholat wajib tdk boleh ditinggalkan, ditambah sholat tahajud, mohon kesembuhan dari Allah
• ada orang mengalami kecelakaan ditabrak mobil dari samping, pinggang patah= Hubungannya dengan pekerjaan. Suka mengambil hak orang lain. Atau ada staf yang minta tolong tetapi tidak menghiraukannya
• ada lagi ini.ibu ini sering menderita sakit di kepala bagian belakang….sakit sariawan dan keputihan…..sering kesemutan…dan juga belum punya keturunan. ( wah sakit kok diborong ya bu?)
Kemudian mas danu menjelaskan bahwa sakit sariawan disebabkan karena kalau bicara sering menyakitkan hati orang lain. Solusinya…bicaralah dengan lebih baik……dan nyantai……..usahakan dengan bahasa yang lebih santun agar tidak meyakitkan orang kita ajak bicara.
Kalau kaki sering kesemutan…..disebabkan karena ibu ini sering jengkel sama siapa saja termasuk diri sendiri.
Flek disebabkan karena gampang tersinggung….maka solusinya adalah belajar untuk tidak gampang tersinggung…baik kepada suami ataupun kepada saudara-saudara.
• Tiap sudah wudhu suka keluar angin : biasanya orangnya suka / banyak bicara yang tidak manfaat. Solusi: kurangi bicara yang tidak manfaat

Untuk lebih jelasnya bisa liat acaranya ustad Danu di TPI (sekarang MNC TV) setiap hari mingu dan senin pagi;).
* pada acara tgl 18 juli 2010 ada 2 orang yg beruntung ditunjuk langsung oleh ustadz Danu mendapatkan kesempatan umroh

8 Responses to “Datangnya Penyakit Berasal Dari Diri Sendiri”

  1. Baju Kebaya Modern Says:

    Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu….
    Situsnya bagus nih!
    apalagi artikelnya, menarik banget!
    Saya seperti disuguhi makan enak!
    hehehehehhehehe

    Oia Kunjungan balik ya sob, ini blog baru saya
    http://modelkebayamodern.blogspot.com
    http://kecantikanwajahkulit.blogspot.com
    http://obat-sakitgigi.blogspot.com
    Salam kenal….

  2. Atiya Says:

    tidak selalu begitu… banyak istri yang mengkhianati suami tapi gak sakit kanker payudara tuh… banyak juga orang yang soleh soleha tapi dapat penyakit mematikan…

    • herwan1311 Says:

      Ya berhianat itu adalah perbuatan dosa. Menurut ustd. Danu Mengenai kanker payudara penyebabnya bisa karena tidak menjalankan kewajibannya sebagai istri dengan baik, bisa juga karena memiliki keinginan yang meledak-ledak dan apabila tidak terpenuhi keinginan itu jengkel/marah, jengkel/marah itu bisa diungkapkan bisa juga dipendam dalam hati, dan itu suatu dosa dan kesalahan. Dosa dan kesalahan itu kita kerjakan terus menerus dari hari kehari, bulan ke bulan bahkan hingga berpuluh tahun barulah Allah akan menurunkan suatu musibah dalam hal ini penyakit semata-mata hanya sebagai hukuman, sebagai peringatan, sebagai sentilan, sebagai jeweran bagi kita agar segera sadar bahwa kita memang banyak salah dan dosa agar kita segera mau kembali ke jalan Allah. Dan mengenai orang yang soleha,menurut saya, soleha atau tidak soleha bukan kita yang menilai, kita tidak tau apa isi hati orang.

  3. Janna Says:

    Wah, infonya sangat bermanfaat!
    izin print utk saya baca2 dirumah ya! terimakasih!

  4. anonim Says:

    kalo sakit cantengan di kuku jempol tidak sembuh2 penyebabnya apa ya? Saya sudah sering sekali oprasi cabut kuku. Ditunggu balasannya .. Nelp ustad danu sulit sekali.

    • herwan1311 Says:

      Saya belum punya pengetahuan menjawab pertanyaan ini. Memang banyak orang yg udah mencoba telp ust.danu tapi belum tersambung, tapi ada juga orang yg rutin mengikuti pengajiannya aja tanpa menanyakan langsung, dengan izin Allah berangsur2 sembuh. Siapa tau link ini bisa membantu kukucantengan.com

  5. akang ardan Says:

    izin bookmark untuk refrensi.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 791 other followers

%d bloggers like this: