Zat Yang Terkandung Dalam Sebatang Rokok

Taukah anda Rokok? Ya, Rokok
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).
Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menyebutkan: 26,7% Penduduk Jawa Barat merokok, 81,5% merokok di dalam rumah yang membahayakan kesehatan keluarga (perokok pasif).
Seperti yang diberitakan Reuters, asap rokok menyebabkan kerusakan langsung ke paru-paru seseorang dan DNA mereka bahkan dalam jumlah kecil, termasuk dari perokok pasif, para pejabat federal AS mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah laporan baru. US Surgeon Jenderal Dr Regina Benjamin berkata: “Bahan kimia dalam asap tembakau mencapai paru-paru Anda dengan cepat setiap kali Anda menarik napas yang menyebabkan kerusakan langsung,” katanya dalam sebuah pernyataan.
“Menghirup bahkan jumlah terkecil asap tembakau juga dapat merusak DNA Anda, yang dapat menyebabkan kanker,” katanya.

Taukah anda zat yang terkandung dalam sebatang rokok?

Dan Ini adalah Bahan kimia dalam rokok yang dapat menyebabkan kanker:
Aminobiphenyl

Aminobiphenyl adalah karsinogen bagi manusia yang disebabkan virus papiloma dan karsinoma kandung kemih pada kelinci dan anjing.
Arsenic

menghirup arsen anorganik dapat menyebabkan Anda mengalami sakit tenggorokan dan paru-paru teriritasi. Tingkat lebih rendah dari arsenik dapat menyebabkan mual dan muntah, penurunan produksi sel darah merah dan putih, irama jantung yang abnormal, kerusakan pembuluh darah. arsen anorganik dapat meningkatkan risiko kanker kulit paru-paru, kandung kemih, ginjal, hati, dan prostat.
Benzene
Menghirup benzena bisa menyebabkan ngantuk, pusing, denyut jantung yang cepat, sakit kepala, tremor, kebingungan dan pingsan. Apabila menghirup terlalu banyak benzena dapat menyebabkan kematian. Ancaman dominan benzena adalah darah-terkait dalam hal ini dapat menimbulkan efek kesehatan yang buruk ke sumsum tulang dan menyebabkan penurunan produksi sel darah merah yang menyebabkan anemia. Benzene juga dapat menyebabkan perdarahan ekstrim dan masalah dengan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan kesempatan Anda untuk infeksi. Studi dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa tingkat tinggi Benzene dapat menyebabkan berat lahir rendah, pembentukan tulang tertunda dan kerusakan sumsum tulang.
Chromium
Kromium dapat menyebabkan kanker paru-paru. Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan bahwa Kromium adalah karsinogen bagi manusia. Kromium dapat menyebabkan cacat lahir dan masalah perkembangan lainnya pada manusia2-2-Naphthylamine – bisa menyebabkan kanker kandung kemih.
Nickel
Dampak kesehatan yang paling umum sakit pada manusia yang disebabkan oleh nikel adalah alergi atau ruam kulit. Beberapa orang sensitif terhadap nikel dapat mengalami serangan asma, bronkitis kronis, dan fungsi paru-paru berkurang. Kanker paru-paru dan sinus hidung pada orang jika menghirup debu yang mengandung nikel kadar tinggi.
Vinyl chloride
Menghirup vinil klorida dapat menyebabkan Anda merasa pusing dan mengantuk. Dan apabila terlalu banyak menghirup vinil klorida dapat menyebabkan kematian. Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan bahwa vinil klorida adalah karsinogen bagi manusia.
N-Nitrosodiethylamine
N-nitrosodiethylamine dapat menyebabkan tumor jinak dan ganas dalam saluran pernafasan dan pencernaan hati atas dan ginjal.
N-Nitrosopyrrolidine
N-nitrosopyrrolidine dapat menghasilkan karsinoma hepatocellular, kanker hati yang langka di AS. Namun, karsinoma hepatoseluler adalah jenis kanker yang mematikan.
N-Nitrosodiethanolamine
N-nitrosodiethanolamine dihubungkan dengan kanker kerongkongan.
Cadmium
Menghirup kadmium sangat merusak paru-paru, ginjal dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Kadmium dianggap bisa menjadi karsinogen.
Benzo[a]pyrene
Benzo [a] pyrene dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel darah merah yang menyebabkan anemia dan kerusakan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peningkatan risiko infeksi. Biasanya, Benzo [a] pyrene dapat berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor, emisi dari batubara, minyak dan kompor kayu dan tungku pembakaran.
Sumber: quitsmokinghub.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 790 other followers

%d bloggers like this: