Buah dan Sayur berwarna

Sebagian besar orang tahu bahwa makan lima porsi buah dan sayuran sehari sangat penting.

Tapi dengan makan buah-buahan dan sayuran dari berbagai warna yang berbeda, seseorang bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang terbaik. Setiap warna pada buah dan sayuran yang berbeda mengandung komponen kesehatan yang unik yang penting untuk kesehatan kita.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan utuh yang diciptakan oleh alam, yang kaya nutrisi sehingga sangat penting untuk kesehatan kita. Makanan olahan yang sering kita makan, tidak pernah bisa dibandingkan dengan manfaat kesehatan yang disediakan oleh stroberi atau brokoli yang memiliki serat dan vitamin.

Makan banyak sayuran dan buah-buahan sehat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, diverticulitis, mengontrol tekanan darah, mencegah beberapa jenis kanker, mencegah degenerasi makula atau katarak dan kehilangan penglihatan.

Bagi yang Diet, ungkapan “Makan Pelangi” buah-buahan dan sayuran adalah cara pengingat sederhana untuk mendapatkan berbagai warna, sehingga Anda dapat memaksimalkan asupan berbagai nutrisi. Warna buah-buahan dan sayuran adalah petunjuk kecil mengenai vitamin dan nutrisi apa yang disertakan. Dengan asupan berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna berbeda, dijamin anda akan mendapatkan jumlah beragam vitamin dan mineral.

Menurut piramida makanan kentang tidak dihitung sebagai sayuran, karena kebanyakan terdiri dari pati

Buah dan Sayuran Merah

Mengandung nutrisi seperti lycopene, ellagic acid, Quercetin, dan hesperidin. Nutrisi ini mengurangi risiko kanker prostat, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor dan kadar kolesterol LDL, dan mengeluarkan-radikal bebas berbahaya

buah-buahan dan sayuran Orange dan Kuning

Mengandung beta-karoten, zeaxanthin, flavonoid, likopen, potassium, dan vitamin C. Nutrisi ini mengurangi degenerasi makula terkait usia dan risiko kanker prostat, menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah, meningkatkan pembentukan kolagen dan sendi yang sehat, melawan radikal bebas berbahaya , mendorong keseimbangan basa, dan bekerja dengan magnesium dan kalsium untuk membangun tulang sehat.

buah dan Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, kalsium, dan Beta-karoten. Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, menormalkan waktu pencernaan, mendukung kesehatan retina, melawan radikal bebas berbahaya, dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

buah-buahan dan sayuran Biru dan ungu


Mengandung nutrisi yang meliputi lutein, zeaxanthin, resveratrol, vitamin C, serat, flavonoid, asam ellagic, dan kuersetin. Serupa dengan nutrisi sebelumnya, nutrisi ini mendukung kesehatan retina, menurunkan kolesterol LDL, meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh, dukungan pencernaan yang sehat, meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral lainnya, melawan peradangan, mengurangi pertumbuhan tumor, bertindak sebagai anticarcinogens dalam saluran pencernaan, dan membatasi aktivitas sel kanker.

buah-buahan dan sayuran Putih

Mengandung nutrisi seperti beta-glukan, EGCG, SDG, dan lignan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi ini juga mengurangi resiko usus besar, kanker payudara, kanker prostat, membantu tingkat keseimbangan hormon dan mengurangi risiko kanker terkait hormon.

Berikut nama-nama buah dan sayuran;

Hijau :

Artichoke, Arugula, Asparagus, Alpukat, Broccoflower, Brokoli, Brokoli rabe, Kubis tunas, Seledri, Labu siam squash, Kubis cina, Timun, Andewi, Apel hijau, Kacang buncis, kubis Hijau, anggur hijau, bawang Hijau, Pir hijau, Paprika hijau, Melon, Buah Kiwi, sayur Berdaun hijau, Bawang perai, Selada, Limau, Okra, Kacang polong, Kapri, Bayam, Seladri air, Timun Jepang

Putih:

Pisang, pir, Kol kembang, Bawang putih, Jahe, artichoke, Bengkuang, Kohlrabi, Jamur, Bawang, Lobak, Kentang, Bawang Merah, turnips, Jagung Putih, nektarin Putih, persik Putih

Merah :

Beets, jeruk, Ceri, Cranberries, Jambu biji, Pepaya, grapefruit, Buah delima, Radicchio, Lobak, Raspberi, Apel merah, paprika merah, Cabai merah, Anggur merah, Bawang merah, pir merah, Paprika merah, Kentang merah, Stroberi, Tomat, Semangka

Kuning/Orange :

Aprikot, labu parang, Belewar, Cape gooseberry, Wortel, Golden Kiwi, Jeruk bali, Jeruk nipis, Mangga, Nektarin, Jeruk, Pepaya, Persik, Kesemek, Nanas, Labu kuning, Rutabagas, Jagung manis, Ubi jalar, Jeruk keprok, Apel kuning, bit Kuning, ara Kuning, Pir kuning, Paprika kuning, kentang Kuning, Labu kuning, tomat Kuning, Semangka kuning

Biru/Ungu :

Black Currant, Black salsify, Blackberry, Bluberi, Plum, Terong, Elderberry, Anggur, Buah delima, Prun, anggur, endive, Kentang ungu, asparagus ungu, kubis ungu, Wortel ungu, ara ungu, anggur Ungu, Paprika ungu, kismis
sumber: disabled-word.com

2 Responses to “Buah dan Sayur berwarna”

  1. ridwan Says:

    maksaih ya ga infonya, makanan alami dan bergizi…..HHHmmm….enak euy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: