Puasa Arafah & Wukuf

Ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima, ibadah ini dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim yang mampu, baik mampu secara fisik, mental maupun secara finansial. Tidak ada pembatasan usia bagi yg melaksanakannya.

Adapun yang termasuk kedalam salah satu rukun haji itu adalah Wukuf.
Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah (satu hari sebelum hari raya idul adha). Dinamakan puasa arafah karena pada hari itu bertepatan dengan para jamaah haji yang sedang melakukan Wukuf di padang arafah.

Wukuf adalah salah satu rukun dari ibadah haji yang utama, artinya Bila dalam rangkaian kegiatan haji jamaah tidak dapat melaksanakan wukuf dengan baik, maka tidak sah ibadah hajinya. Wukuf dilaksanakan sejak waktu dzuhur pada tanggal 9 Zulhijjah hingga subuh 10 Dzulhijjah, Setidaknya hingga terbenam matahari.

Cara pelaksanaan ibadah wukuf ini adalah dengan berdiam diri di padang luas bernama arafah. Ketika waktu dzuhur tiba, seluruh jama’ah haji melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Mereka mengikuti shalat Rasulullah saw dengan menjamak Dzuhur dan Ashar dengan jamak taqdim dan qashar . Kemudian mendengarkan khutbah Arafah, sesudah itu memanjatkan dzikir dan doa. wukuf adalah momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah, bersimpuh di hadapan Allah dengan tulus, memohon ampun dari segala dosa dengan taubat nasuha.
Disebutkan dalam hadis qudsi bahwa Allah berfirman : “Lihatlah kepada hamba-Ku di Arafah yang lesu dan berdebu. Mereka datang kesini dari penjuru dunia. Mereka datang memohon rahmat-Ku sekalipun mereka tidak melihatku . Mereka memohon perlindungan dari azab-Ku, sekalipun mereka tidak melihat Aku.”
Allah sangat memuliakan hari wukuf di Arafah. Hari itu, Allah mendekat sedekat-dekatnya kepada orang-orang yang wukuf di Arafah untuk mendengarkan ungkapan dan keluhan hati mereka, menatap dari dekat wajah dan perilaku mereka. Nabi Muhammad saw bersabda: “…Ia (Allah) mendekat kepada orang-orang yang di Arafah. Dengan bangga Ia bertanya kepada para malaikat, Apa yang diinginkan oleh orang-orang yang sedang wukuf itu.” Pada hari itu, Allah senang sekali jika mereka berdoa kepada-Nya. Ia mengabulkan semua doa mereka disana

Bagi kita yang tidak melaksankan ibadah haji disunahkan untuk berpuasa. Ada dua pendapat yang sama-sama memiliki dasar kuat, yang pertama ada yang menganjurkan berpuasa pada 9 hari awal dzulhijah karena berkenaan dengan keutamaan melakukan amal ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dimana Allah lebih menyukainya dibandingkan hari-hari di luar waktu tersebut dan oleh karenanya termasuk waktu-waktu beribadah yang utama. Pendapat ke dua adalah berpuasa pada hari arafah saja. Keutamaan berpuasa di hari ini adalah dihapuskannya dosa-dosa setahun yang telah lalu dan dosa setahun yang akan datang

Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang..dan Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).
menurut pendapat para ulama, keutamaan yang dapat menghapus dosa-dosa selama dua tahun yang dimaksudkan di sini adalah dosa-dosa kecil, atau diringankannya dosa-dosa besar. Jadi jangan sampai berpikir karena mengetahui dosa setahun yg lalu dan dosa setahun yg akan datang akan dihapus kita bebas melakukan dosa.

Puasa Arafah tahun ini jatuh pada hari Kamis 25 Oktober 2012. Selamat menunaikan Puasa Arafah. Mari kita semua menyambut hari raya Idul Adha 1433 H dengan hati yang bersih dan suci. dan Bagi saya dan para pembaca yang belum menunaikan ibadah haji, mari niatkan dan ikhtiarkan untuk berangkat haji, jangan sampai niat saja tidak ada🙂

Semoga ibadah kita diterima sebagai kebaikan melimpah di sisi Allah dan semoga para jamaah haji mendapatkan kelancaran dalam menjalani prosesnya dan diberi kehormatan berupa haji yang mabrur. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: