PENGHEMATAN BENTUK EFISIENSI

Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan input (masukan) dengan penggunaan yang direalisasikan atau penggunaan yang sebenarnya (output). Peningkatan efisiensi terjadi bila output yang ada atau tingkat output dihasilkan dengan biaya yang lebih rendah.

Dalam sebuah perusahaan Efisiensi diperlukan karena selain akan menghemat pengeluaran dan biaya, efisiensi juga dapat meningkatkan kinerja dan semangat kerja semua pegawai yang bernaung dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Untuk membangun efisiensi dalam sebuah perusahaan dapat dengan melibatkan seluruh pegawai. Memberikan tanggung jawab pada seluruh pegawai dalam perusahaan tersebut lebih efektif dari pada memberikan tanggung jawab pada sebagian kelompok saja.

Penghematan dapat terjadi dalam bentuk efisiensi penggunaan listrik, air, telepon dan peralatan kantor. Penghematan Energi listrik adalah bentuk efisiensi energi, dapat pula menjadi efisiensi anggaran dalam sebuah perusahaan.

Dalam hal penggunaan Alat tulis kantor seperti kertas, sebagian orang terbiasa menggunakannya dengan cara yang boros. Tanpa kita sadari bahwa pada saat yang bersamaan hutan alam kita habis ditebang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan kertas.

Langkah-langkah penghematan anggaran yg dapat dilakukan dalam penggunaan listrik, air, telepon dan peralatan kantor sebagai berikut;

Dalam hal penghematan dalam penggunaan Listrik , air & Telepon, langkah penghematan:

  1. Penggunaan listrik untuk penerangan kantor, pendingin (AC), dan peralatan kantor lainnya, serta pemakaian air dan telepon harus dilakukan seefisien mungkin. Agar setiap kantor menargetkan pengurangan penggunaan daya dan jasa listrik, air, dan telepon minimal sebesar 20% dari rata-rata realisasi bulanan sebelumnya
  2. Penerangan kantor yang memperoleh cahaya matahari, agar dilakukan seoptimal mungkin. Penggunaan penerangan listrik agar dibatasi bagi ruang kantor yang tidak memperoleh cahaya matahari yang mencukupi. Dalam hal ruangan yg tidak digunakan, listrik harus dimatikan.
  3. Penggunaan listrik untuk penggunaan AC & Kipas angin dibatasi pada saat kegiatan kerja atau pada jam operasional berlangsung, sehingga segera mematikannya setelah digunakan.
  4. Dalam penggunaan Komputer, para Karyawan juga bisa menghemat listrik dengan cara mematikan 1 komputer minimal 1 jam pada saat istirahat makan siang.
  5. Penggunaan telepon hanya untuk kepentingan kantor dengan prinsip hemat. Perlu dicermati juga, jika perusahaan membayar tagihan telepon via Bank atau Pendebetan rekening yang mengakibatkan tidak bisa melihat rincian penggunaan telepon tersebut. Karena tidak sedikit pelanggan yg dirugikan dengan munculnya paket tagihan yang tidak diinginkan setelah melihat rinciannya sehingga tagihan telepon menjadi tinggi.

Dalam hal penghematan kertas di kantor, langkah penghematan dapat dilakukan sbb:

  1. Sebisa mungkin hindari print dokumen atau email yang tidak penting.
  2. Gunakan/ cetak kertas bolak-balik. Tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%.
  3. Kumpulkan kertas yang satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas untuk mencetak atau fotocopy dokumen.
  4. Memotong kertas buram menjadi dua bagian.

Untuk mengoptimalkan penghematan/Efisiensi tersebut, tentunya harus diiringi dengan pengawasan harian secara bersama-sama antara pimpinan dan pegawai.

Selain penghematan2 tersebut, Kita semua harus mencermati juga celah penghematan yang lain. Penghematan disini tidak berhubungan dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya dan tidak sama pula dengan penderitaan. Pengeluaran yang besar dengan hasil yang lebih baik juga merupakan bentuk penghematan.
Selamat berhemat!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: